Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SD Negeri Purwosono, Mengadakan Bazar, Bagian Dari Kurikulum Merdeka

Sabtu, 02 Desember 2023 | 22:22 WIB Last Updated 2023-12-02T15:23:31Z
SDN 1 Purwosono, Lumajang.

Lumajang - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Purwosono menggelar kegiatan bazar kearifan lokal dan kewirausahaan, dalam rangka penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila, Sabtu (02/12/2023), yang dipusatkan di halaman sekolah.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu materi dalam menerapkan kurikulum terbaru, yakni Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan pada tahun ajaran baru, sebagai pengganti kurikulum 13 (K13).

Kegiatan bazar kearifan lokal dan kewirausahaan itu, dilaksanakan dalam bentuk menyajikan makanan tradisional, dengan melibatkan siswa juga didampingi para orang tua wali murid yang menjual jajanan pada tenda yang telah disediakan panganan tradisional yang kemudian dijual dengan harga sangat terjangkau.

Kepala Sekolah SDN  Purwosono, Elok Su'uddiyah, SD kepada awak media mengatakan, saat ini melaksanakan kegiatan implementasi kurikulum merdeka salah satunya adalah tentang P5, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kepada siswa kelas 1 dan kelas IV.

Dari hasil kegiatan P5 tersebut di gelar dihalaman sekolah untuk dijadikan sebagai kegiatan Bazar sekolah dan Kegiatan P5 ini merupakan kegiatan rutinitas SDN Purwosono dalam setiap semester. 

“Alhamdulilah dalam implementasi kurikulum merdeka ini disambut baik oleh warga masyarakat atau wali murid karena melalui kurikulum merdeka adanya kegiatan P5 hal ini disenangi siswa- siswi begitupun guru dan wali murid sehingga tercipta membangun hubungan emosional yang lebih kuat antara guru dan wali murid,” pungkasnya.

Selain kegiatan Bazaar kita juga mempunyai kegiatan rutinitas satu bulan sekali tiap hari jumaat legi. "Para siswa mengadakan istiqosah, tujuan istiqosah sendiri pengembangan karakter disiplin siswa menjadi penting dan perlu dilaksanaan, mengingat banyaknya problem-problem yang dihadapi anak atau siswa tidak selalu memiliki solusi yang tepat. Salah satu diantara nilai yang terdapat dalam pendidikan karakter adalah nilai religius sebagai dasar atau pondasi yang harus diterapkan kepada setiap anak sejak dini.

Kehidupan sehari-hari untuk tidak terpengaruh oleh keadaan yang kurang baik, salah satu lembaga pendidikan SDN Purwosono ini misalanya telah mengadakan kegiatan rutin Istighosah di halaman sekolah." Kata Fuad sebagai guru agama. 

Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan untuk menambah iman, pengabdian serta kematangan cita-cita hidup.Nilai yang didapatkan murid, tentunya mereka memiliki sikap pribadi yang unggul dalam berperilaku terpuji seperti etika terhadap guru, Disiplin dalam mena’ati tata tertib sekolah, dan lainya, tambahnya.

Elok  Su'uddiyah, mengatakan, "bahwa dengan diadakannya kegiatan rutin semacam ini, diharapkan seluruh siswa kami, mampu meningkatkan keimanannya serta membiasakan setiap peserta didik untuk Doa bersama mas," ungkapnya.

Jadi kegiatan tersebut melatih edukasi religius, yang mempunyai nilai karakter sebagai pondasi kepada siswa, dan terus selalu diterapkan kepada setiap anak di sekolah.

"Mereka kita biasakan membaca sholawat nariyah 3 kali, di lanjutkan bersalaman dengan teman dan guru lalu masuk kelas, Alhamdulillah praktek tersebut kami jalankan sampai saat ini," tambahnya. (Her)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */