Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo, Pemerintah Pusat Gelontorkan 60 Milyar

Rabu, 31 Januari 2024 | 21:19 WIB Last Updated 2024-01-31T14:22:42Z
Revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo, Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan - Peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo, oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Dr. Zulkifli Hasan.

Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo, merupakan tempat strategis terletak di jalan utama Surabaya- Malang, dekat Pintu Tol Pandaan, berada di sekitaran Wisata Air Terjun Kakek Bodo, Chymori, Taman Dayu Golf, Finna Golf, Taman Safari, dan dekat jalur Taman Nasional Bromo Tengger Semeru serta potensi wisata lainnya di Kabupaten Pasuruan. 

Sehubungan dengan terus bertambahnya kunjungan wisatawan di Pasar Cheng Hoo, maka diperlukan perbaikan penataan serta pengaturan sarana dan prasarana pendukungnya.

Dari gambaran di atas, pada tahun anggaran 2024, Pemerintah Kabupaten Pasuruan, mendapat support dari Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Perdagangan serta Kementerian terkait, DAK sebesar 60 Milyar, untuk revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo.

Peletakan batu pertama, yang langsung dihadiri oleh kepala Kemendag, Dr. Zulkifli Hasan, dilaksanakan areal Pasar Cheng Hoo, dan didampingi oleh Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto, beserta seluruh jajarannya. Rabu, (31/01/2024).

Dalam sambutanya Zulkifli Hasan, menyampaikan kalau in adalah berkah buat Kabupaten Pasuruan, karena dari 540 lebih, hanya terpilih 2 Kabupaten, yaitu Kabupaten Pasuruan dan satunya lagi di Lampung. 

"Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo, merupakan perpaduan antara konsep Pasar dan Wisata Religi, yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Progres revitalisasi ini, insyaallah akan rampung pembangunannya pada bulan september 2024," jelasnya. 

Zulhas (sapaan akrabnya) juga mengajak semua masyarakat, karena ini merupakan tahun politik, untuk  melaksanakan Pemilu dengan damai.

"Politik itu riang gembira, hormatilah  pilihan masing-masing, lakukanlah Pemilu dengan damai," tegasnya.

Selanjutnya, Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan dan Kementerian terkait, sudah memberikan support anggaran, untuk revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo. 

"Revitalisasi ini, akan menampilkan sensasi desain bangunan dengan atmosfer Tiongkok, yang berintegrasi dengan budaya lokal, dengan konsep layanan one stop service, menghadirkan etalase produk unggulan hasil karya UMKM Kabupaten Pasuruan," ungkapnya. 

Karena konsep layanan yang ditawarkan one stop service, ada penambahan kios dari 165 menjadi 332 kios, ada food court atau Cafe, panggung budaya, standar layanan publik yang ramah disabilitas dan pusat informasi potensi Kabupaten Pasuruan. 

"Saya berharap revitalisasi ini akan menambah daya tarik wisatawan, mampu meningkatkan omzet pedagang, terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Pasuruan, sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terwujud," tutupnya. (Saf/Muh)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */