Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gudep Trunojoyo SDN Purwosono Lumajang Mengadakan Kegiatan Perjusa

Selasa, 16 Januari 2024 | 10:54 WIB Last Updated 2024-01-16T04:00:01Z
Perjusa SD Negeri Purwosono.

Lumajang - Gudep Trunojoyo SD Negeri Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, kembali melaksanakan kegiatan Perjusa. 

Perjusa merupakan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu, yang dilaksanakan pada Hari Jumat (11/01/2022) sampai Sabtu (12/01/2024) di halaman SDN Purwosono. 

Kegiatan perkemahan telah dilaksanakan rutin setiap tahun di SDN Purwosono. Kegiatan Perjusa diikuti semua murid kelas 4,5,6 (tingkat penggalang) sebanyak 45 peserta siswa-siswi. 

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), Elok Suudiyah, mengatakan bahwasannya pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib yang dapat membentuk karakter generasi muda yang tangguh, mandiri, terampil cerdas dan disiplin serta tanggap terhadap lingkungan sekitar.

"Perjusa merupakan bagian program sekolah, dengan edukasi, kali ini kita mengambil tema sekarang bangun tenda, besok bangun bangsa," ujarnya.

Dengan diselenggarakan kegiatan ini Ia berharap siswa SD negeri Purwosono ada peningkatan dalam ketaqwaan, kemandirian, kedisiplinan, dan kegotongroyongan sebagai bekal kelak dalam hidup bermasyarakat.

"Saya mengungkapkan rasa bangga atas semangat dan dedikasi para siswa dalam mengikuti Perjusa. Pentingnya nilai-nilai pramuka dalam membangun karakter dan kepemimpinan yang kuat di masa depan," tambah dia.

Sementara itu, pembina pramuka, Andika Hamil Rizqi, juga merasa bangga Perjusa yang diikuti para siswa di SDN Purwosono, berlangsung tertib, dan lancar. Bahkan para siswa, terlihat semangat dalam mengikutinya. 

"Pramuka dapat ikut membantu mengembangkan karakter anak-anak Indonesia yang selama ini mulai terkikis dengan teknologi, khususnya dengan adanya budaya-budaya barat di era saat ini," katanya.

Ia berharap sekolah-sekolah dan pemerintah terus mengadakan dan mengemas kegiatan pramuka yang menarik demi mengembangkan karakter anak-anak Indonesia dan kecintaan anak-anak Indonesia terhadap kegiatan Pramuka khususnya di Kabupaten Lumajang.

Andika mengungkapkan, untuk memeriahkan kegiatan Perjusa tahun ini, sekolah menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Diantaranya, jelajah medan, mengaji juga istiqosah, karena bisa memberikan nilai positif pada siswa-siswi, itu juga sudah di lakukan dengan adanya Gerakan Sekolah Mengaji ( GSM) yang kali ini diterapkan di pramuka.

"Semoga Pramuka dapat menjadi kegiatan yg menumbuhkan pembiasaan yang mendidik karakter gotong royong, kerja sama, toleransi, dan sebagainya,” ucapnya.

Dimintai tanggapannya, salah satu peserta Perjusa, siswa SDN Purwosono mengaku sangat senang mengikuti Perjusa. Menurutnya, kegiatan ini bisa menumbuhkan kedisiplinan dan kebersamaan dengan teman-temannya.

“Bisa lebih disiplin, banyak teman, dan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang tak terlupakan,” ujarnya.

Siswi tersebut juga berharap kegiatan-kegiatan menarik seperti ini dapat terus diadakan agar makin mencintai Pramuka. (Her)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */