Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kemenag Kabupaten Pasuruan Laksanakan Munajat Haji Dan Nuzulul Qur'an Secara Online

Selasa, 11 April 2023 | 22:44 WIB Last Updated 2023-04-11T15:54:16Z
Munat Haji dan Nuzulul Qur'an secara online Kemenag Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan - Kegiatan Munajat Haji dan Nuzulul Qur'an yang dilaksanakan oleh Kepala Kantor wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, diikuti oleh seluruh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota seluruh Jawa Timur, secara Zoom atau lebih dikenal dengan Online.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, bersama seluruh jajarannya juga melaksanakan kegiatan tersebut melalui online, mengikuti petunjuk dan arahan dari Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. 

Dalam kegiatan tersebut, Kakankemenag Kabupaten Pasuruan, dalam acara Munajat Haji dan Nuzulul Qur'an, menggelar Istighosah  dan santunan anak yatim piatu, agar mendapat berkah di bulan ramadhan, dengan harapan diberikan kelancaran dan kemudahan dalam persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2023. Selasa (11/04/2023)

Dalam arahan Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Dr. Husnul Maram, melalui Zoom, menyampaikan, pada tahun ini pemerintah memprioritaskan memberangkatkan calon jemaah haji yang usia lanjut antara 85-100 tahun, dengan kuota sebesar 1.758 calon jemaah haji usia lanjut.

"Pemberangkatan calon jemaah haji pada tahun 2023, yang melalui embarkasi Surabaya, Jawa Timur, sebesar 36.636.015 calon jemaah haji. Kebijakan pemerintah pada tahun ini, untuk pemberangkatan jemaah haji, 1 kloternya 450 jemaah dan ada juga yang 400 jemaah. Semoga dengan ikhtiar kita semua, memohon kepada allah SWT, diberikan kelancaran dan kemudahan dalam penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini", harapnya.

Selanjutnya Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, Syaikhul Hadi, juga menuturkan, pada hari ini dilaksanakan Munajat Haji dan Nuzulul Qur'an, diawali dengan istighosah dan santunan anak yatim piatu, untuk mendo'akan calon jemaah haji seluruh Jawa Timur, agar diberikan kelancaran dan kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji nantinya.

"Pada hari kita manfaatkan untuk dialog tentang perhajian, persiapan Haji tahun ini, untuk mengetahui perkembangan terkini, sesuai dengan informasi yang telah disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), tentang Konfirmasi dan Pembayaran Pelunasan BiPIH Tahun 1444H/ 2023 M Provinsi Jawa Timur," jelasnya.

Lebih lanjut, Agus Suheri selaku Kasi PHU, menjelaskan, pada tahun ini, untuk biaya haji embarkasi Surabaya, sudah ditetapkan Rp 55,9 juta, sehingga per jemaah yang sesuai porsi urut, nambah sekitar Rp 30,9 juta. Untuk Konfirmasi dan Pembayaran Pelunasan BiPIH, dimulai per tanggal 11 April - 5 Mei 2023, di Bank BiPIH saat mendaftar.

"Tentang pelunasan pada hari pertama, memang masih ditemukan banyak kendala teknis, terutama pada kategori lunas tunda 2020/2022, karena masih dalam tahap registrasi di pusat, Insyallah besok sudah mulai normal. Sementara untuk kategori status jemaah berhak lunas, porsi nomor urut, tidak ditemukan kendala," terangnya. (Saf)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */