Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kandungan Gizi Dalam Telur dan Manfaatnya

Selasa, 14 Maret 2023 | 15:29 WIB Last Updated 2023-03-14T08:30:19Z
Telur ayam

Opini - Telur ayam kampung dan ayam ras mengandung zat gizi dengan jumlah yang berbeda. Akan tetapi, keduanya sama-sama didominasi oleh protein dan lemak, serta memiliki beragam vitamin dan mineral dalam jumlah tertentu.

Telur termasuk bahan makanan yang paling serbaguna, gampang diolah, dan bercita rasa lezat. Berkat kandungan gizi yang hampir lengkap, telur juga digadang-gadang sebagai superfood dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat telur. 

Telur adalah bahan makanan hewani yang mengandung hampir semua zat gizi makro dan mikro. Putih telur merupakan sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan beberapa jenis mineral.

Dikutip dari berbagai sumber, dua butir telur ayam ras seberat 100 gram mengandung zat gizi sebagai berikut : Energi (kalori): 154 kkal, Protein: 12,4 gram (g). Lemak: 10,8 g. Karbohidrat: 0,7 g. Kalsium: 86 miligram (mg). Fosfor: 258 mg. Zat besi: 3 mg. Kalium: 118,5 mg. Natrium: 142 mg. Vitamin A: 104 mikrogram (mcg). Tiamin (vitamin B1): 0,12 mg. Riboflavin (vitamin B2): 0,38 mg.

Telur ayam juga mengandung vitamin B6, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan zinc dalam jumlah yang cukup,vidak hanya itu, ada pula dua senyawa antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin.

Telur mencakup hampir semua zat gizi yang diperlukan tubuh, seperti protein, lemak, vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan. (Son)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */