Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Mengolah Gorengan Sehat yang Tidak Bikin Kolesterol Tinggi

Rabu, 18 Januari 2023 | 14:12 WIB Last Updated 2023-01-18T07:48:58Z
Gorengan menjadi salah satu camilan enak yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Banyak sekali camilan dengan cara digoreng, seperti tahu, pisang, jajanan aci, hingga ubi-ubian. Namun sayangnya, makan gorengan berlebih dengan cara mengolah yang tidak tepat justru bisa mengganggu kesehatan.

Untuk itu, saat makan gorengan maka Anda harus memastikan untuk menggunakan minyak goreng yang masih baru. Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa tips lainnya agar olahan gorengan menjadi lebih sehat dan tidak menyebabkan kolesterol tinggi. Apa saja? Mari simak tipsnya di bawah ini.

Tips Mengolah Gorengan Agar Tetap Sehat
1. Selalu Gunakan Minyak Gorengan yang Masih Baru dan Fresh
Sudah disinggung sebelumnya, penggunaan minyak goreng yang masih baru bisa mengurangi resiko jahat pada olahan gorengan. Memang terkesan lebih boros, tapi hal ini justru akan membuat Anda jauh lebih sehat dan minim kolesterol.

Sedangkan, minyak goreng yang sudah dipakai atau dipanaskan berulang kali justru bisa merusak nutrisi yang ada dalam makanan. Selain itu, kandungan gizinya pun sudah hilang. Yang lebih parah, minyak bekas bisa melepas senyawa karsinogen yang dapat memicu kanker.

2. Pilih Jenis Minyak yang Sehat
Untuk bisa makan olahan gorengan sehat, pemilihan jenis minyak pun menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Minyak punya banyak jenisnya, dan minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang tergolong paling sehat.

Tetapi, jika Anda ingin minyak sehat dengan harga yang lebih terjangkau dari minyak zaitun, silakan pilihlah minyak kelapa atau minyak kelapa sawit. Kedua jenis ini sama-sama tergolong dalam jenis minyak sehat dengan harga yang lebih bersahabat.

3. Pakailah Minyak Secukupnya
Saat menggoreng, disarankan gunakan minyak dalam jumlah yang pas, tidak kurang atau berlebih. Lihat dari jenis makanan yang akan digoreng, apakah ia membutuhkan minyak yang banyak atau sedikit? Tetapi, usahakan untuk meminimalisir penggunaan minyak agar tidak banyak memproduksi jumlah lemak dalam gorengan.

4. Hindari Menggoreng Terlalu Lama
Durasi menggoreng makanan akan berpengaruh pada perubahan nutrisi makanan. Untuk itu, banyak yang menyarankan agar tidak menggoreng makanan terlalu lama demi menjaga nutrisi yang ada di dalam makanannya. Jika makanan dirasa sudah matang, segera angkat dan tiriskan.

5. Pilih Alat Penggorengan yang Tepat
Banyak orang pasti memilih Teflon untuk menggoreng makanan. Sah-sah saja apabila Anda ingin menggunakan Teflon, tetapi alat tersebut tidak disarankan untuk digunakan dengan temperatur sangat panas. Jika Teflon yang digunakan terlalu panas maka bahannya akan mudah terkelupas. 

Nah, bahan yang terkelupas itu akan melekat pada makanan yang digoreng sehingga membahayakan kesehatan Anda. Jadi, solusi yang tepat adalah gunakan alat penggorengan wajan stainless steel dengan bahan yang berkualitas baik, ya.

Itulah tadi beberapa tips agar bisa tetap makan gorengan dengan cara yang sehat dan nikmat. Anda bisa menerapkannya di rumah. Jika Anda kehabisan atau memang belum memiliki beberapa alat dan bahan yang kami sebutkan di atas, silakan kunjungi Blibli untuk beli alat-alat tersebut dengan harga yang murah.

Kebetulan, sekarang Blibli sedang mengadakan Promo Surabaya dimana banyak barang dijual dengan murah. Bahkan, diskonnya sampai 86% lho! Agar belanja semakin hemat, Blibli juga memberikan banyak voucher gratis ongkir yang siap mengirim barang pesanan Anda dengan aman dan cepat.

Jangan khawatir dengan kualitas produknya, karena Blibli menjamin barang yang dijual 100% original. Jadi, jangan tunggu besok, segera lengkapi kebutuhan memasak gorengan sehat Anda bersama Blibli, ya!

×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */