Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemkab Lumajang Cukupi Logistik Untuk Pengungsi Terdampak Erupsi Semeru

Senin, 05 Desember 2022 | 09:11 WIB Last Updated 2022-12-05T02:13:44Z

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar saat meninjau lokasi pengungsian warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru


Lumajang - Pemerintah Kabupaten Lumajang dengan sigap menyiapkan logistik bagi masyarakat yang mengungsi pasca erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada pagi hari tadi, Minggu (4/12/2022).

 

“Logistik sudah langsung disiapkan. Bahkan, siang ini kita siapkan nasi bungkus untuk mereka (para pengungsi, red)”, ujar Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati Masdar, saat dikonfirmasi di Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur, Minggu siang (4/12/2022).

 

Indah Amperawati menjelaskan, bahwa warga di zona merah seperti Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo dan Dusun Kajar Kuning Desa Sumberwuluh Candipuro telah mengungsi ke tempat yang lebih aman seperti sekolah dan masjid.

 

“Masyarakat di Dusun Kajar Kuning, Supit Urang dan sebagian di Curah Kobokan, dari subuh tadi sudah tidak boleh beraktifitas apapun, termasuk aktivitas pertambangan. Meskipun dinyatakan aman, saya minta tidak ada aktivitas penambangan sepanjang aliran Kebondeli supaya menjaga kalau ada sesuatu mendadak, truk pengangkut pasir tidak mengganggu jalannya evakuasi”, ujarnya.

 

Informasi yang dihimpun oleh Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang terpantau bahwa  masyarakat Desa Supiturang mengevakuasi diri di beberapa titik yakni SD Supiturang 04, SMPN 2 Pronojiwo, Balai Desa Oro-Oro Ombo dan Masjid Supiturang. Sedangkan warga Dusun Kajar Kuning, sebagian besar mengungsi ke Pos Pantau Gunung Sawur.

 

Untuk memastikan keselamatan warganya, Wakil Bupati Lumajang meminta agar pengungsi mengikuti arahan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pantau Gunung Sawur.

 

“Kita menunggu info dari pos pantau terlebih dahulu. Kalau dinyatakan tidak ada lagi APG yang ditimbulkan oleh Gunung Semeru, maka bisa kita tindaklanjuti untuk kembali pulang ke rumah masing-masing, tetapi kalau belum aman, kita harapkan agar para pengungsi tetap berada di tempat evakuasi yang sudah disiapkan”, pungkasnya. (Her)

×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */