Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Status Gunung Semeru Naik Menjadi Awas Level IV, Pemkab Lumajang Tetapkan 14 Hari Tanggap Darurat Bencana

Senin, 05 Desember 2022 | 09:12 WIB Last Updated 2022-12-05T02:13:11Z
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meninjau lokasi terdampak Awan Panas Guguran (APG) di Dusun Kajar Kuning Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang 

Lumajang - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan status gunung semeru naik menjadi Awas level IV, menyikapi kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Lumajang juga menetapkan masa tanggap darurat bencana akibat erupsi Gunung Semeru selama 14 hari.

 

"Tanggap darurat 14 hari sejak hari ini, SK Bupati segera saya tandatangani", ungkap Bupati Lumajang Thoriqul Haq kepada awak media di Pos Pengungsian Desa Penanggal, Minggu (4/12/2022).


Oleh karenanya, masyarakat yang berada di zona merah diminta untuk mengosongkan tempat dan mengevakuasi diri di posko pengungsian yang telah disiapkan.


"Sejalan dengan status gunung semeru yang awas, saya memerintahkan seluruh OPD sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk mengkonsolidasi para pengungsi, bisa diintervensi karena tersebar di beberapa tempat dan penyebarannya lebih luas", terangnya.


Saat disinggung tentang kemungkinan adanya korban, Thoriq menjelaskan, bahwa sampai dengan berita ini diturunkan masih belum ada laporan adanya korban maupun laporan kehilangan dari masyarakat.


"Kita belum mendapatkan laporan adanya korban, hanya beberapa penanganan yang harus ditangani tim medis, tadi ada bayi umur beberapa bulan tetapi sudah mendapatkan penanganan medis di Puskesmas", pungkasnya. (Her)

×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */