Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kunker Dinas Perikanan Jatim Kepada Komunitas Pak Legimin di Purwodadi

Rabu, 08 Juni 2022 | 17:46 WIB Last Updated 2022-06-09T00:58:45Z
Subkoor Pengelola Kesehatan Ikan, Saadah mukadar, A.Pi, MT dan timnya 

Pasuruan - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melaui Subkoor Pengelola Kesehatan Ikan, Saadah mukadar, A.Pi, MT. bersama timnya melakukan kunjungan kerja di dusun parelegi desa Purwodadi kabupaten Pasuruan, Rabu (8/6/2022) dan di dampingi oleh dinas perikanan kabupaten Pasuruan.

kunjungan tersebut bertujuan untuk survey lokasi termasuk akan memberikan bantuan ikan lokal kepada komunitas pak Legimin yang berangotakan warga dusun parelegi desa Purwodadi Pasuruan.

Sa'adah mengatakan bahwa aliran kali yang ada di dusun parelegi sangat melimpah dan berpotensi sebagai wisata desa.

"air aliran kali pak Legimin ini sangat bagus ya, alangkah baiknya berkolaborasi dengan disparta kabupaten Pasuruan selain sebagai wisata desa sekaligus untuk pengembangbiakan ikan lokal dengan program tebar ikan lokal dari kami dinas perikanan provinsi Jawa timur" kata Sa'adah.

Ia menjelaskan dinas perikanan provinsi Jawa timur akan memberikan bantuan ikan lokal yang ramah lingkungan sebanyak 50 ribu ikan yang akan di serahkan pada 4 Agustus mendatang.

"Untuk bantuan ikan lokal dari dinas perikanan provinsi Jawa timur sebanyak 50 ribu ini akan kami serahkan pada 4 Agustus mendatang" jelasnya.

Ia berharap dengan memberikan bantuan ikan lokal tersebut nantinya, masyarakat bisa mengonsumsi ikan agar bisa mendapat nutrisi lebih dari ikan tersebut terutama terhadap anak usia balita dan sekolah karena dengan mengonsumsi ikan akan baik buat otak anak usia belajar.

"Ikan bisa di konsumsi masyarakat banyak untuk mencukupi nutrisi buat anak usia balita dan anak sekolah sehingga otak dari anak kita benar benar tercukup i dengan mengkonsumsi ikan" ujar sa'adah.

Sementara itu masih di lokasi yang sama Febriana Nur Indah S, S.Pi penyuluh perikanan kementrian mengatakan siap mendampingi dan akan memberikan penyuluhan terhadap anggota komunitas Pak Legimin di dusun Parelegi desa Purwodadi kabupaten Pasuruan.

"Kami sebagai penyuluh perikanan kementrian siap untuk memberikan penyuluhan kepada anggota komunitas pak legimin cara budidaya ikan serta pembesaran ikan yang baik dan benar, supaya hasilnya bisa sebagai sampingan penghasilan buat warga" ungkap Febri.

Febri pun mempersilahkan warga untuk tidak sungkan minta pendampingan dalam budidaya ikan lokal juga minta arahan jika di butuhkan tim siap memberikan arahan dan penyuluhan untuk warga.

"Warga jangan sungkan untuk meminta petunjuk dan arahan dari tim penyuluh agar cara budidaya dan pembesaran ikan yang benar supaya hasilnya bisa sesuai dengan harapan" tegas Febri.

Mulyono, S.P.d kepala desa Purwodadi Kabupaten Pasuruan menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan terutama menjaga aliran kali dengan tidak membuang sampah di kali.

"Untuk warga masyarakat yang ada di desa Parelegi mari kita jaga bersama kebersihan air yang ada di saluran kali agar tidak membuang sampah di kali sebab bisa membuat air tidak sehat dan menjadi kotor sehingga ikan yang sudah di tebar akan berdampak tidak sehat" urainya.

Saat di tanya sampah kenapa banyak dari atas yang di ketahui juga ada tetangga desa di wilayah kecamatan Purwodadi tersebut, Mulyono akan berkoordinasi kepada kepala desa tetangga untuk menghimbau warganya untuk tidak membuang sampah di aliran kali tersebut.

"dalam waktu dekat saya akan berkoordinasi kepada kepala desa Sentul agar warganya untuk tidak membuang sampah di kali sehingga kita sama sama menjaga lingkungan, karena sehat lingkungan sangat di utamakan" pungkasnya. (Yon/Muh)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */