Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

'Kampung Kenanga' Begitulah Ikon Desa Gajahrejo Kecamatan Purwodadi

Senin, 18 April 2022 | 01:03 WIB Last Updated 2022-04-17T20:23:44Z

 


Profile - Desa Gajahrejo terletak di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur.


Secara georafis Desa ini berada di lereng kaki gunung Arjuna yang dikenal dengan sebutan Kampoeng Kenanga.


Desa Gajahrejo memiliki luas wilayah 323 hektar, dengan jumlah penduduk 4.143 jiwa, yang terdiri dari 2.100 Laki-laki dan 2.043 perempuan dengan 1.284 Kepala Keluarga (KK).


Desa Gajahrejo terbagi menjadi 5 Dusun yaitu, Dusun Bakalan, Dusun Buntut, Dusun Watukopo, Dusun Tumang Songo dan Dusun Mendong. Dengan 7 Rukun Warga (RW) dan 27 Rukun Tetangga (RT). Dengan mayoritas penduduk desa gajahrejo adalah ummat beragama islam.


Dalam kepemerintahan, Desa Gajahrejo memiliki beberapa Staff Desa dan Kepala Dusun, serta beberapa Lembaga Desa guna untuk memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.


Dengan nuansa alam yang sejuk dan indah, Desa Gajahrejo memiliki wisata desa yang berada dibawah naungan Badan Usaha Milik Desa. Yaitu, wisata Watu Lumbung yang menyediakan wana wisata pemancingan, pemandian dan Camping Ground dengan nuansa pemandangan alam.


Desa Gajahrejo memiliki tempat pendidikan mulai dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), Roudhotul Atfal (RA), Sekolah Dasar Negeri (SDN), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Diniyah (Madin), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Pondok Pesantren (Ponpes).


Dalam pembinaan yang aktif, penduduk desa Gajahrejo berpenghasilan 70 persen dari budi daya bunga kenanga, mulai dari dijual secara langsung, masyarakat juga mengelolah bunga kenanga tersebut menjadi minyak wangi, batik kenanga, serta pupuk organik.


Selanjutnya, 20 persen dari penduduk Desa gajahrejo adalah petani dan pekebun, serta 10 persen adalah pengrajin usaha mikro kecil menengah, mulai dari furniture, peternak ayam dan produksi tahu.

×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */