Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Terjebak Abu Vulkanik Erupsi Semeru, Warga Satu Dusun di Lumajang Terisolir

Minggu, 05 Desember 2021 | 07:34 WIB Last Updated 2022-01-04T10:49:52Z
Gunung semeru


Lumajang – Dampak yang diakibatkan erupsi Gunung Semeru kali ini lebih parah dibanding erupsi tahun lalu. Pasalnya, muntahan lahar panas menyebabkan Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh tertimbun abu vulkanik dan saat ini Dusun tersebut terisolir.

 

Informasi yang berhasil dihimpun jurnalis Potret Media, ketebalan abu vulkanik sekitar dua meter. Dan mirisnya, abu yang menutupi hampir seluruh kawasan di Dusun tersebut masih mengeluarkan asap panas. Sejumlah personel search and rescue diturunkan, mereka masih berupaya melakukan pencarian dan evakuasi.

 

Proses pencarian masih dilakukan. Sementara, informasi dari tim ada puluhan warga yang terjebak. Namun, diduga jumlahnya bisa lebih. “saat ini listrik padam, pencarian jadi sulit. Tetapi, petang tadi saya sempat hubungi. Mereka menjawab aman. Dan bertahan di sekitar tanggul, ada puluhan orang. Tetapi, jumlahnya bisa bertambah”, jelas Budianto warga setempat.

 

Menurutnya ada sekitar 60 warga yang tinggal di Dusun tersebut. Sebagian sudah mengungsi ke Kantor Desa. Sebab, pihak desa sudah menginformasikan adanya guguran lava sesaat setelah kejadian. Namun masih ada warga yang terjebak di Dusun tersebut hingga malam ini, Sabtu (4-12-2021)

 

Sebelumnya, lahar panas muntahan Gunung Semeru tersebut mengalir dari jalan tambang Dusun setempat. Selanjutnya langsung menerjang permukiman disekitar lokasi tambang. Dikabarkan sejumlah kendaraan masih terjebak. Bahkan alat berat juga tertimbun. (Heri)

×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */