Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hasil Kunjungan Presiden Setelah Meninjau Lokasi Dan Menemui Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Rabu, 08 Desember 2021 | 06:55 WIB Last Updated 2022-01-04T10:49:51Z
Presiden Joko Widodo ketika memberikan pengarahan usai meninjau beberapa lokasi yang terdampak erupsi Gunung Semeru


Lumajang - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melakukan kunjungan ke Kabupaten Lumajang untuk memastikan penanganan bencana erupsi Gunung Semeru tertangani dengan baik. Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya itu juga menyampaikan belasungkawa kepada masyarakat yang menjadi korban bencana Semeru.

 

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Hari ini, saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan, untuk pencarian korban juga evaluasi juga rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat erupsi Gunung Semeru ini”, paparnya, Selasa sore (07-12-2021).

 

Ia juga meninjau dan ingin memastikan bahwa para pengungsi sudah tertangani dengan baik. Baik yang terkait konsumsi, kesehatan maupun kebutuhan air bersih. “Kondisinya mulai membaik”, ujarnya.

 

Presiden Joko Widodo berharap, setelah semuanya reda, nanti akan bisa dimulai kembali. Baik itu yang berkaitan dengan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang diperkirakan berbahaya untuk dihuni kembali.

 

“Tadi saya mendapatkan laporan, bahwa ada kurang lebih 2 ribu rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan dimana relokasinya dan saat itu juga akan kita bangun”, ungkapnya kepada para jurnalis.

 

Selanjutnya, Bupati Lumajang menyampaikan kepada awak media tentang beberapa keputusan Presiden yang sudah ditetapkan setelah mengetahui langsung situasi dan kondisi area dan warga terdampak erupsi Gunung Semeru, antara lain: pembangunan kembali gladak jembatan perak dengan jangka waktu 9 bulan dengan perubahan pondasi konstruksi dan desain jembatan yang lebih aman, pembangunan jembatan gantung sebagai jembatan sementara untuk penghubung Kecamatan Candipuro – Kecamatan Pronojiwo yang bisa dilalui roda dua juga roda tiga, pembangunan jalan pasirian - tempursari sebagai akses kendaraan roda empat untuk menuju Pronojiwo dan Kabupaten Malang.

 

Dan untuk kepentingan warga terdampak adalah melakukan relokasi kawasan permukiman yang rusak atau bahkan hancur terkena guguran awan panas di lahan kawasan hutan negara yang dikelola Perum Perhutani di desa setempat atau kawasan yang berdekatan dengan permukiman asal.

 

Turut menyertai Presiden dalam kunjungan kali ini antara lain, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (Her) 

×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */