Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj Bupati dan Disperindag Kabupaten Pasuruan Resmikan Pemeliharaan dan Rekonstruksi Jalan

Rabu, 21 Februari 2024 | 19:52 WIB Last Updated 2024-02-21T13:34:43Z
Pj Bupati Pasuruan, Dr Andriyanto (kanan) dan Kadisperindag Kabupaten Pasuruan, Ir Diana Lukita Rahayu.

Pasuruan - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan, telah selesai melakukan proses pembangunan Pemeliharaan dan Rekonstruksi Jalan, tahun anggaran 2023, diberikan wewenang yang sesuai peraturan perundang-undangan.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, dan saat ini meresmikan hasil pembangunan infrastruktur yang selesai dilaksanakan. 

Peresmian Pemeliharaan dan Rekonstruksi Jalan, dilaksanakan di Cafe Gading Flower, Desa Pakukerto, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Rabu, (21/2/2024).

Dalam Peresmian yang digagas Disperindag Kabupaten Pasuruan, dihadiri, Pj Bupati Pasuruan bersama rombongan, Kapolres, Dandim, Kejaksaan, Kapolsek, Camat, Kepala Desa, Team Perencana, Pengawas dan Pelaksana Pembangunan Infrastruktur Jalan Kabupaten Pasuruan, serta tokoh-tokoh masyarakat.

Dalam sambutanya, Kepala Disperindag Kabupaten pasuruan, Ir. Diana Lukita Rahayu, menyampaikan bahwa pelaksanaan pembangunan Pemeliharaan/Rekonstruksi Jalan, sumber Dananya dari DBHCHT Tahun Anggaran 2023, dengan Dasar Hukum UU No.3 Tahun 2014, tentang Perindustrian, UU No. 9 Tahun 2015, perubahan dari UU Tahun 2003-2014, tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Menteri Keuangan No. 2015/PMK.07/2021, tentang penggunaan DBHCHT, Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan, No. 4 Tahun 2023, tentang APBD Tahun 2023.

"Peresmian ini merupakan proses yang menandai bahwa pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur jalan telah selesai dilaksanakan, yang telah diperbaharui untuk masyarakat, terutama untuk akses jalan ke pabrik rokok, yang berada di Kabupaten Pasuruan, dengan sampling Palang-Dayurejo," ungkapnya. 

Menjawab pertanyaan dari berbagai kalangan di masyarakat, soal kenapa Disperindag membangun jalan, karena mengikuti peraturan dari Kemendagri, terkait program kegiatan, hal ini untuk mem back-up akses jalan menuju pabrik rokok, sehingga pelaksanaan pembangunan jalan, Disperindag sebagai pelaksana kegiatan untuk Tahun 2023.

"Kegiatan yang sudah kami lakukan, semua berjumlah 30 paket pekerjaan ruas jalan, dengan total anggaran Rp.39.700.709.590, dengan rincian, 14 paket rekonstruksi jalan, 15 paket pekerjaan pemeliharaan jalan, 1 pembangunan jembatan di Kebonwaris-Nogosari Kecamatan Pandaan, serta 14 titik pekerjaan pembangunan perlengkapan jalan, yang tersebar di beberapa Kecamatan, di Kabupaten Pasuruan," urai dia.

Selanjutnya, Pj Bupati Pasuruan, Dr Andriyanto berharap semua pembangunan harusnya inclusion, yang mengajak semua stake-holder kerja secara bareng-bareng, pembangunan yang baik harus inclusi dan berdampak, artinya pembangunan yang menelan anggaran berpuluh-puluh milyar dengan bangunan yang megah dan jalan yang bagus, mempunyai nilai manfaat untuk pertumbuhan ekonomi di masyarakat yang lebih baik.

"Saya minta Kominfo, untuk semua kegiatan pembangunan ini, bisa di publikasikan ke masyarakat, ini sangat penting, bagaimana masyarakat bisa menilai keberhasilan pembangunan kita, kalau tidak disampaikan ke masyarakat, kenapa ini harus disampaikan, supaya tidak muncul Gab atau konflik, dan terhindar dari konflik kepentingan sehingga muncul rasa percaya terhadap kinerja Pemerintah," harap Pj Bupati.

Tak bosan-bosan, Pj Bupati Pasuruan ini selalu mengajak semua OPD dan stake-holder yang ada, untuk selalu berinovasi, agar semua pembangunan di Kabupaten Pasuruan berdampak dan mempunyai nilai manfaat yang ber impact kepada masyarakat. (Saf/Ro/Red)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */