Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masifnya Limbah Debu PT STBC Pasurusn Bikin Geram Warga Desa Kedungringin

Senin, 29 Januari 2024 | 20:06 WIB Last Updated 2024-01-29T13:10:29Z
Debu yang keluar dari PT STBC

Pasuruan - PT Sorini Towa Berlian Corporindo (STBC) yang berlokasi di Desa Kedungringin Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan diduga mengeluarkan debu yang menimbulkan polusi udara di pemukiman warga sekitar, Senin (29/01/2024).

Dalam hal ini Forum DAS Wrati, bersama warga sudah beberapa kali melakukan Unjuk rasa kepada PT STBC.

Namun tidak ada keseriusan menanggapi dampak limbah debu yang mencemari lingkungan warga disekitar pabrik tersebut.

Hal ini membuat warga geram dan kesal dikarenakan dampak dari debu abu pabrik PT STBC mengakibatkan lantai rumah dan jemuran warga kotor sehingga menyebabkan flek-flek hitam.

Selain itu dampak panjang dari limbah ini bisa mempengaruhi kesehatan seperti gangguan pernafasan, asma dan yang paling fatal bisa menyebabkan kematian.

"PT STBC ini mengeluarkan limbah debu abu itu sekitar jam 21.00-22.00 malam, kita juga sempat mendokumentasikan dari salah satu rumah warga sekitar yang sedang membersihkan debu abu tersebut," ujar warga.

Sementara itu Kepala Desa Kedungringin, Rizki Wahyuni juga menjelaskan bahwa ada 2 dusun yang terdampak oleh debu abu PT STBC. 

Yang terlihat nyata ada di dusun Mbah Rowo dan Guyangan untuk sejauh ini masih belum dilakukan komunikasi ke pihak perusahaan, cuma ini mendapatkan informasi dari aduan warga di dusun tersebut.

Saat hendak dikonfirmasi oleh awak media ke pihak manajemen PT STBC. Yang diwakilkan oleh Security menyampaikan bahwa nanti akan ada pihak dari manajemen PT STBC yang akan turun langsung ke Desa Kedungringin. (Din)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */