Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tahun ke 6 Beroperasi Kuota Penerimaan di MAN IC Pasuruan Bertambah

Selasa, 07 Februari 2023 | 10:56 WIB Last Updated 2023-02-08T10:04:47Z
MAN Insan Cendekia Pasuruan.

Pasuruan - Berdiri sejak tahun 2018 MAN Insan CendekiaPasuruan telah meluluskan 2 angkatan. Lulusan pertama sebanyak 93 % telah diterima di PTN Favorit, sekolah kedinasan dan Luar negeri. Lulusan kedua meningkat 96 % diterima di PTN favorit, sekolah kedinasan dan Luar negeri pula. Hal ini semakin menarik perhatian banyak orang tua untuk mempercayakan pendidikan putra putrinya di MAN Insan Cendekia Pasuruan. 

Saat ini MAN Insan Cendekia Pasuruan bertempat di Kampus Grati. Kampus dengan luas 8,9 Ha tersebut ditempati sejak awal 2021 tersebut. Kampus yang lengkap dengan bangunan asramanya tersebut tampak megah dan mewah. Kampus yang terbilang cukup luas untuk ditempati oleh 10 kelas siswa saja.

Tahun ke enam penerimaan ini kuota bertambah menjadi 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 120.  Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) berpusat di Kampus Grati MAN Insan Cendekia Pasuruan untuk pendaftar wilayah Jawa Timur, yang sebelumnya dibagi menjadi ke beberapa tempat tes di luar MAN IC Pasuruan.


Penambahan kuota penerimaan ini bukan tanpa alasan. Sejumlah prestasi yang dicapai MAN Insan Cendekia Pasuruan merupakan bukti bahwa MAN Insan Cendekia Pasuruan layak diperhitungkan. Tahun 2022 MAN Insan Cendekia Pasuruan berhasil menduduki urutan ke 40 pada TOP 1000 sekolah terbaik Nasional versi LTMPT untuk perolehan rerata UTBK. Urutan ke 3 untuk Jawa Timur. Dan urutan ke 7 untuk madrasah terbaik se Indonesia. Selain itu pada Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (UMPTKIN) MAN Insan Cendekia Pasuruan menduduki peringkat 1.

Kesuksesan menembus perguruan tinggi merupakan prestasi pamungkas bagi siswa. Sebelumnya prestasi-prestasi olimpiade secara rutin terus dicetak setiap saat oleh siswa. Bahkan tahun 2022 MAN Insan Cendekia Pasuruan merupakan satu-satunya madrasah di Pasuruan yang mampu menembus OSN tingkat Nasional.

Tahun ini pendaftaran peserta didik baru MAN Insan Cendekia Pasuruan ditutup pada tanggal 14 Februari 2023. Dengan kuota penerimaan 120 siswa (5 kelas). Dengan syarat pendaftaran yang sama seperti tahun sebelumya hal ini telah dituangkan secara lengkap didalam Juknis Pendaftaran SNPDB MAN IC, MANPK dan MAKN tahun 2023-2024. Juknis SNPDB dapat diakses dengan mudah di internet maupun di web pendaftaran npdb-madrasah.kemenag.go.id. Yang membedakan dengan tahun sebelumnya adalah materi tes, tahun ini ada penambahan materi tes tentang moderasi beragama. (Humasy Manicepas)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */