Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

RSUD Bangil Peringati "Hari Jantung Sedunia" Dengan Berbagai Kegiatan

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 14:05 WIB Last Updated 2022-10-08T07:06:45Z
Peringati Hari Jantung Sedunia RSUD Bangil, Pasuruan

Pasuruan (potretmedia.com) - Peringatan Hari Jantung Sedunia, RSUD Bangil mengadakan rangkaian sejumlah kegiatan bersama, dengan senam jantung sehat dan pemeriksaan EKG bagi peserta komunitas jantung binaan RSUD Bangil, yang bertempat di gedung manajemen dan halaman Rumah Sakit. Minggu (2/10)

Penyuluhan kesehatan oleh Dokter spesialis jantung RSUD Bangil, senam bersama se Indonesia secara online oleh PERKI,  peringatan hari jantung sedunia kali ini bertemakan "Use Heart For Every Heart" yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia dalam mencegah dan mengelola penyakit Kardiovaskuler.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 200 peserta komunitas penderita jantung binaan RSUD Bangil, Civitas Hospitalia RSUD Bangil (Dokter, Perawat/Bidan dan tenaga kesehatan lainnya) dan peserta lain  yang ingin ikut berpartisipasi.

Dalam sambutanya Dr. David R. Sp.Jp, menuturkan "Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di Indonesia. Data riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2013 sampai 2018, menunjukkan trend peningkatan Penyakit jantung, yaitu 0,5 % pada tahun 2013 dan 1,5% pada tahun 2018. Pengobatan penyakit jantung juga tidaklah murah, bahkan penyakit jantung ini menjadi beban biaya terbesar.

Berdasarkan data yang ada dalam BPJS kesehatan, pada tahun 2021 pembiayaan kesehatan terbesar adalah untuk Penyakit jantung yaitu sebesar 7,7 triliun, jelasnya.

Dr. Arma Rosalina M. Kes, selaku Direktur RSUD Bangil, dalam sambutannya yang di wakili Subko Humas menyampaikan bahwa, tepat tanggal 29 september ini di peringati Hari Jantung Sedunia.

"Peringatan Hari Jantung Sedunia ini, serempak dilaksanakan pada tanggal 2 oktober 2022, sebagai bentuk dan cara untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah, dan bagi penderita penyakit jantung harus tetap bersemangat, dan mampu hidup berdampingan dengan penyakitnya dengan memperhatikan pola makan yang bergizi, cek kesehatan secara teratur, rutin berolahraga, dan menjaga emosi ( kelola stres)," tegasnya.

RSUD Bangil juga memiliki program unggulan dalam mengatasi kegawat daruratan terkait penyakit jantung, seperti BEST (Bangil Emergency Service Team), Stroke Holistik layanan yang mempermudah akses masyarakat kabupaten Pasuruan untuk mendapatkan layanan serangan stroke mendadak secara cepat.

Dimulai dari pelayanan PraHospital melalui penjemputan oleh tim BEST, untuk masyarakat yang terkena stroke. Dilanjutkan penanganan dii Rumah Sakit secara komprehensif dan kolaborasi beberapa multi disiplin ilmu. Dimulai dari pemeriksaan untuk menegakkan diagnosis, selanjutnya dilakukan terapi yang tepat, dan masyarakat dapat mendapatkan layanan melalui aplikasi BEST. (Saf/Muh)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */