Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Disnaker Kabupaten Pasuruan : Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue Untuk Mengembangkan UMKM Yang Innovatif

Rabu, 22 Juni 2022 | 18:36 WIB Last Updated 2022-06-23T01:39:00Z
Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue di Balai Desa Karangsono

Pasuruan - Dalam rangka untuk pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengambil langkah-langkah terpadu, guna  memajukan kembali perekonomian  masyarakat.

Salah satu langkah Pemerintah Kabupaten  Pasuruan, Jawa Timur, untuk mendongkrak kembali perekonomian di masyarakat, dengan cara, mengadakan pelatihan khusus Pembuatan Roti dan Kue di Desa Karangsono, Kecamatan Sukorejo.

Disnaker Kabupaten Pasuruan melalui UPT. Latihan Kerja Daerah (LKD) BLK Rejoso, melaksanakan kegiatan pelatihan di Balai Desa Karangsono, Rabu (22/06/2022).

Dalam sambutanya Kadisnaker Kabupaten Pasuruan, Nurul Huda mengatakan bahwa pelatihan pembuatan roti dan Kue ini sasarannya warga Desa Karangsono dengan jumlah 16 orang.

"Pelatihan ini sifatnya kompetensi, yang akan dilaksanakan selama 30 hari kedepan dengan jumlah peserta 16 orang, dengan harapan masyarakat yang telah mengikuti pelatihan, bisa mengembangkan keterampilannya melalui UMKM ataupun mandiri," ujarnya.

Nurul Huda juga menambahkan, mengingat keberadaan perusahaan formal yang ada, dengan jumlah peminat tenaga kerja, jumlahnya nggak sebanding, maka diperlukan terobosan baru untuk menciptakan lapangan kerja.

"Melalui pengembangan produk-produk UMKM, dengan harapan dukungan Pemdes setempat melalui support Dana Desa," jelasnya.

Senada dengan Kadisnaker, Kepala UPT. LKD Rejoso, Sukiswo, menjelaskan,  pelatihan di Desa Karangsono ini, berjumlah 16 orang, dengan rincian yang sudah disiapkan sarana dan prasarananya, yaitu seragam (1 baju dan 1 kaos), ATK, konsumsi (selama 30 hari), uang saku (50 rb kali 30 hari), yang anggarannya sudah sesuai dengan, yang di input di aplikasi SIPD Kabupaten Pasuruan.

"Peserta pelatihan, nantinya akan mendapatkan sertifikat dari lembaga kami, UPT. LKD Rejoso, dan peserta juga akan kami fasilitasi untuk mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dari lembaga, Badan Nasional sertifikasi Profesi (BNSP), yang mampu menghasilkan SDM unggul dan trampil," ujarnya.

Kepala Desa Karangsono, Abah Alim, dalam sambutannya di wakili oleh Ismail, mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan, melalui program-programnya dalam meningkatkan kembali perekonomian masyarakat.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Pasuruan, melalui program-programnya dalam meningkatkan kembali kemajuan perekonomian masyarakat, sehingga memudahkan kinerja Pemerintah Desa kami", sambungnya. (Saf/Muh)
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */