Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan utama destop

Iklan Utama HP

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Merawat dan 6 Khasiat dari Daun Selada Air

Sabtu, 18 Juli 2020 | 11:57 WIB Last Updated 2021-11-10T15:08:03Z
Daun selada air yang tumbuh segar, dengan di aliri air yang bersih (foto : Muhammad/potretwarta)

Opini - Ada beberapa jenis daun selada, salah satunya adalah jenis daun selada air yang biasanya di santap mentah sebagai lalapan, di jadikan isi roti, atau di campur dengan salad, namun bisa juga di makan dengan cara di rebus dahulu, di tumis atau di buat sop selada.

Jenis selada air ini, butuh perawatan yang sangat mudah, yaitu lahan yang di tanami selada air agar bisa tumbuh lebih segar cukup beri air yang mengalir setinggi mata kaki orang dewasa, dan upayakan air yang mengalir tetap bersih karena jika air tersebut keruh akan berpengaruh kepada pertumbuhan daun selada air, begitupula saat musim hujan, air hujan kurang bagus untuk pertumbuhan selada air (daun akan di serang ulat).

Selada air di lengkapi dengan berbagai nutrisi yang bisa menambah kecukupan zat gizi dalam tubuh. Mengutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementrian Kesehatan RI, dalam 100 gram daun selada dapat menyumbang sebanyak 17 kalori energi, 2,2 gram karbohidrat, 3,1 gram protein dan 0,7 gram serat.

Bukan hanya itu, saat anda mengkonsumsinya anda akan memperoleh beragam vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng dan tambahan vitamin B, vitamin C, serta vitamin K turut membuat daun selada ini kaya nutrisi.

Adupan 6 khasiat baik yang di miliki selada air ini ialah :

1. Tinggi kandungan anti oksidan
Setiap kali memakan selada air, Anda telah menambah sejumlah antioksidan yang ada di dalamnya. Antoksidan adalah senyawa yang bertugas untuk melindungi tubuh dari serangan buruk radikal bebas. Terlalu banyak terpapar radikal bebas, berisiko menimbulkan berbagai penyakit kronis yang berbahaya.

Meski antioksidan sebenarnya diproduksi sendiri oleh tubuh, tapi tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan jumlahnya melalui sumber makanan harian. Terlebih karena jumlah antioksidan yang dihasilkan tubuh hanya sedikit.

Lebih khususnya lagi, selada air punya lebih dari 40 jenis flavonoid, yakni antioksidan yang umumnya terkandung dalam tumbuhan. Jumlahnya pun tergolong tinggi dibandingkan jenis sayuran lainnya, sehingga dinilai ampuh untuk menetralisir efek dari radikal bebas.

2. Mencegah serangan kanker
Manfaat selada air lainnya yang tak kalah menarik karena mengandung senyawa phytochemical dan isothicyanate. Kedua senyawa ini telah lama dikenal dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker dengan cara menjaga sel-sel tubuh, menghalangi senyawa karsinogenik penyebab penyakit, serta mencegah pertumbuhan dan penyebaran tumor.

Bahkan, beberapa penelitian yang dilansir dari laman Healthline, telah membuktikan bahwa senyawa isothiocyanates dalam daun selada air ini mampu mencegah terjadinya kanker usus, prostat, paru, dan kulit.

Diperkuat dengan penelitian lain dalam Toxicology and Applied Pharmacology, bahwa senyawa isothiocyanates dan sulforaphane yang sama-sama ada dalam daun selada air bisa menekan kemunculan sel kanker payudara.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Sebuah penelitian di tahun 2013 yang diterbitkan oleh British Journal of Clinical Pharmacology, menemukan bahwa makanan yang mengandung nitrat, seperti selada air, terbukti dapat melebarkan pembuluh darah sekaligus melancarkan kerja pembuluh darah yang kaku.

Disamping itu, kandungan nitrat dalam daun selada yang satu ini juga mampu meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam darah. Itu sebabnya, tekanan darah yang tinggi nantinya akan menurun secara berangsur-angsur.

4. Melindungi Kesehatan Jantung
Berbagai nutrisi penting dalam sayur-sayuran diyakini bagus untuk menjaga kesehatan jantung, tak terkecuali dengan selada air. Beta karoten, zeaxanthin, dan lutein adalah beberapa senyawa antioksidan keluarga karotenoid yang terkandung dalam selada air.

Konsumsi ketiga senyawa ini kerap kali dihubungkan dengan pencegahan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Lebih dari itu, jumlah senyawa karotenoid yang tinggi juga bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, menurut Mediators of Inflammation Journal.

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menjaga kesehatan jantung, jenis selada yang satu ini bisa menjadi pilihan makanan yang tepat karena biasa membantu menurunkan kolesterol tubuh, yang secara langsung memengaruhi fungsi jantung.

5. Menjaga Kesehatan Tulang
Faktanya, jenis selada yang satu ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang disinyalir mampu memperkuat dan mempertahankan fungsi tulang. Mulai dari vitamin K, kalsium, magnesium, kalium, hingga fosfor.

Disini, vitamin K bertugas untuk mempercepat penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium dalam urin, serta sebagai salah satu komponen osteocalcin yang merupakan protein pembentuk jaringan tulang sehat.

Ditambah dengan peran dari mineral lainnya yang semakin memperkuat kemampuan dan kesehatan tulang sebagai anggota gerak tubuh.

6. Menyehatkan Mata
Bukan hanya vitamin A saja yang bisa menjaga kesehatan mata, vitamin C pun punya andil yang sama. Penelitian yang dimuat dalam Acta Ophthalmologica Journal, menjelaskan bahwa kandungan vitamin C dalam selada air bisa menurunkan risiko seseorang mengalami katarak.

Selain katarak, senyawa antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ada di selada air akan mencegah perkembangan penyakit degenerasi makula. Degenerasi makula adalah munculnya gangguan pada mata yang dapat memengaruhi kemampuan untuk melihat.

Penyakit ini dapat menyerang seiring bertambahnya usia, yang kebanyakan dialami ketika seseorang sudah menginjak usia lebih dari 60 tahun.
×
Berita Terbaru Update
/* script Youtube Responsive */